Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an bagi Anak-Anak dalam Program Magrib Mengaji di Desa Koto Lama Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupatan Kampar Provinsi Riau

Authors

  • Muhtolib Muhtolib

Keywords:

Maghrib reciting the Al-Qur’an,reading the Al-Qur’an, Reading the Al-Qur’an

Abstract

Reciting the Qur’an is the activity of reading the Al-Qur’an, which has been one of the main forms of worship since the beginning of the development of Islam in the archipelago. Maghrib recitation is one of the programs to cultivate reading the Al-Qur’an after carrying out the evening prayer for children in Koto Lama Village. This is also in community service, namely Maghrib reciting the Al-Qur’an. The culture of reading the Qur’an has recently disappeared in Batu Tambun Village. One of the causes is the influence of the very rapid development of information technology. Children are more interested in watching television and using cellphones than reading the Al-Qur’an. This activity carried to increase or regrow interest in reading the Qur'an after the evening prayer for children. With this program, it is hoped that the children of Batu Tambun Village can take advantage of the time to get closer to the creator, namely Allah SWT.

References

Assingkily, M. S. Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media, 2021.

Azwar, M. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Budiyanto. Prinsip-prinsip Metodologi Buku IQRO’. Yogyakarta: Team Tadarus“AMM”, 1995.

Chatib, A. Muardi dkk., Metodik Al-Qur’an Hadits, Jakarta: Bagian proyek Peningkatan Mutu Pendidikan Guru Agama Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1982/1983.

Direktorat Penerangan Agama Islam. Pedoman Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji. Jakarta: Kemenag RI, 2014.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2001.

Jumrodah dkk. “Pendampingan Bimbingan Membaca Al-Qur’an Dalam Memberantas Buta Huruf Al-Qur’an Anak-Anak Dengan Metode Iqro Di Desa Malungai”. dalam Solidaritas: Jurnal Pengabdian Vol. 3, No. 2, Desember 2023.

Lestari, E. T. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2020.

Ma’mun, Muhammad Aman. Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an, Annaba:Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4 No. 1. 2018.

Maghfuri, R. A.”Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Siswa MTs Maaruf NU Al-Kautsar” Jurnal Vicratina, 4(1). 2019.

Ritonga, Agus Ardiansyah Halomoan, dkk., “Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Bagi Anak-Anak Dalam Program Magrib Mengaji Di Desa Batu Tambun”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara) Vol. 6 No. 1 Maret 2024.

Rizkiya, A.F. et.al. "Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Pokok Akhlak Terpuji" Jurnal Vicratina, 4(1), 2019.

Rizqiya, A. F. “Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Pokok Akhlak Terpuji” Jurnal Vicratina, 4(1). 2019.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana prenada media, 2008.

Uyun, M. Paikologi Pendidikan. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2023.

Yasir, Abdul. Nilai-Nilai Motivasi Belajar yang Terkandung dalam Kisah Nabi Musa dan Khidir. Jakarta: 2012.

Downloads

Published

2024-04-09

Issue

Section

Articles