Pengaruh Media Pembelajaran Tebak Kata Menggunakan Cauple Card dalam Menghafal Mufrodat Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.53038/tlmi.v3i1.92Keywords:
Cord, memorizing, vocabulary, LearningAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan keterampilan menghafal mufrodat dengan penerapan media CORD (Cauple card ) di pondok pesantren Al-Husna Al-Hikamussalafiyyah Purwakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, soal tes, dan wawancara. Disamping itu, analisis data dalam penelitian ini menggunakan penghitungan N-Gain, uji normalitas dan uji hipotesis. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas 1 Siswa Al-Husna Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Purwakarta sebanyak 20 Siswa. Dari hasil penelitian kemampuan membaca siswa melalui soal tes, rata-rata pre-test 60,75 dan rata-rata post-test 75,75. Hasil perhitungan uji-t sig (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,005, menunjukkan adanya pengaruh penerapan media CORD(Cauple Card ). Dapat diketahui juga besar pengaruhnya media ini adalah yaitu sebesar 1,64 dengan kategori kuat. Hal ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan dari media Cauple card terhadap model pembelajaran Menghafal Mufrodat di Pondok Putri Al-Husna. Berdasarkan hasil penetian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan media dengan menggunakan Cauple card pada siswa kelas 1 di pondok putri al-husna. Hasil penelitian menunjukan 1). Ketegangan siswa menurun di karenakan lebih santainya menggunakan media Card. 2). Meningkatnya kemampuan siswa dalam menghafal mufrodat. 3). Gampang diingatnya mufrodat di karenakan ada media gambarnya juga.Sejauh ini belum ketahuan untuk kekurangan metode Cord (Cauple card) ini.
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Faroh, M. N., Maranting, H. S., Munir, D. R., Bua, M. T., Wardani, K. D. K. A., Rahmawati, E., & Triana, T. (2023). Profesi Keguruan. https://books.google.co.id/books?id=xrTmEAAAQBAJ
Feza Aulia. (2022). Peranan Media Dakam Pembelajaran Bahasa Arab. 10, 10.
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik.
Hilmi. (2016). Efektivitas Penggunaan Medi a Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 8, 8.
Kokom, K., Luthfi, T., Fajar, A., & Munir, D. R. (2023). - إستخدام وسيلة فيديو رسوم المتحرّكة وأثره علی استيعاب المفردات: (دراسة التّجريبية فی الصّف الخامس بالمدرسة “مجلس تفسير القرآن” الابتدائية الإسلامية كاراوانج). Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(2), 139–158. https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i2.67
Listiana, D. G. dan H. (2020). Teaching media in the teaching of Arabic language / media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa arab. 16, 16.
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. 8(8).
Munir, D. R., Luthfi, T., & Junita, R. E. (2023). The Use Of Flash Card Media To Increasing Arabic Vocabulary Mastery. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i3.1981
Parhan, P., & Maksum, G. (2022). Taksonomi Linguistik, Analisis Kesalahan Bahasa dalam Pembelajaran Insya. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(2), 139–149. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i2.39
Parhan, P., & Syafii, mohamad. (2023). Hubungan Sistem Pembelajaran Daring dengan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Mts Nuril Huda Tarub Grobogan. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i1.63
Parhan, P., Abdul Jalil, M. ., Idrus, I., & Mudiono, M. (2022). Peningkatan Pemahaman Teks Bahasa Arab Melalui Metode (SQ3R). Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(1), 21–33. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i1.9
Parhan, P., Safii, M., & Rozaq, A. (2023). Peningkatan Kosakata Bahasa Arab melalui Media Teka Teki Silang Bergambar di Kelas V SD Al Ashriyyah Nurul Iman Parung- Bogor. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(2), 111–124. https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i2.75
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tia Patmawati, Dede Rizal Munir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
By virtue of their appearance in this is open access jurnal, articles are free to use after initial publication under a Creative Commons Atribution 4.0 International Licenses.