Pengaruh Media Pembelajaran Tebak Kata Menggunakan Cauple Card dalam Menghafal Mufrodat Bahasa Arab

Authors

  • Tia Patmawati STAI Dr. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Dede Rizal Munir STAI Dr. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53038/tlmi.v3i1.92

Keywords:

Cord, memorizing, vocabulary, Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan keterampilan menghafal mufrodat dengan penerapan media CORD (Cauple card ) di pondok pesantren Al-Husna Al-Hikamussalafiyyah Purwakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, soal tes, dan wawancara. Disamping itu, analisis data dalam penelitian ini menggunakan penghitungan N-Gain,  uji normalitas dan uji hipotesis. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas 1 Siswa Al-Husna Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Purwakarta sebanyak 20 Siswa. Dari hasil penelitian kemampuan membaca siswa melalui soal tes, rata-rata pre-test 60,75 dan rata-rata post-test 75,75. Hasil perhitungan uji-t sig (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,005, menunjukkan adanya pengaruh penerapan media CORD(Cauple Card ). Dapat diketahui juga besar pengaruhnya media ini adalah  yaitu sebesar 1,64 dengan kategori kuat. Hal ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan dari media Cauple card terhadap model pembelajaran Menghafal Mufrodat di Pondok Putri Al-Husna. Berdasarkan hasil penetian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan media dengan menggunakan Cauple card pada siswa kelas 1 di pondok putri al-husna. Hasil penelitian menunjukan 1). Ketegangan siswa menurun di karenakan lebih santainya menggunakan media Card. 2). Meningkatnya kemampuan siswa dalam menghafal mufrodat. 3). Gampang diingatnya mufrodat di karenakan ada media gambarnya juga.Sejauh ini belum ketahuan untuk kekurangan metode Cord (Cauple card) ini.

References

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Faroh, M. N., Maranting, H. S., Munir, D. R., Bua, M. T., Wardani, K. D. K. A., Rahmawati, E., & Triana, T. (2023). Profesi Keguruan. https://books.google.co.id/books?id=xrTmEAAAQBAJ

Feza Aulia. (2022). Peranan Media Dakam Pembelajaran Bahasa Arab. 10, 10.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik.

Hilmi. (2016). Efektivitas Penggunaan Medi a Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 8, 8.

Kokom, K., Luthfi, T., Fajar, A., & Munir, D. R. (2023). - إستخدام وسيلة فيديو رسوم المتحرّكة وأثره علی استيعاب المفردات: (دراسة التّجريبية فی الصّف الخامس بالمدرسة “مجلس تفسير القرآن” الابتدائية الإسلامية كاراوانج). Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(2), 139–158. https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i2.67

Listiana, D. G. dan H. (2020). Teaching media in the teaching of Arabic language / media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa arab. 16, 16.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. 8(8).

Munir, D. R., Luthfi, T., & Junita, R. E. (2023). The Use Of Flash Card Media To Increasing Arabic Vocabulary Mastery. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i3.1981

Parhan, P., & Maksum, G. (2022). Taksonomi Linguistik, Analisis Kesalahan Bahasa dalam Pembelajaran Insya. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(2), 139–149. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i2.39

Parhan, P., & Syafii, mohamad. (2023). Hubungan Sistem Pembelajaran Daring dengan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Mts Nuril Huda Tarub Grobogan. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i1.63

Parhan, P., Abdul Jalil, M. ., Idrus, I., & Mudiono, M. (2022). Peningkatan Pemahaman Teks Bahasa Arab Melalui Metode (SQ3R). Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(1), 21–33. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i1.9

Parhan, P., Safii, M., & Rozaq, A. (2023). Peningkatan Kosakata Bahasa Arab melalui Media Teka Teki Silang Bergambar di Kelas V SD Al Ashriyyah Nurul Iman Parung- Bogor. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(2), 111–124. https://doi.org/10.53038/tlmi.v2i2.75

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Patmawati, T. ., & Munir, D. R. . (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Tebak Kata Menggunakan Cauple Card dalam Menghafal Mufrodat Bahasa Arab . Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.53038/tlmi.v3i1.92

Issue

Section

Articles